Rabu, 13 Mei 2015

Cara memahami not balok

        Gitar adalah alat musik yang paling umum dimainkan. hal ini menyebabkan banyak orang bisa bermain gitar walau hanya sekedar bisa dan hanya tahu kunci dasar saja, tapi itu sudah cukup bagi orang yang bermain gitar hanya sebatas menyalurkan hoby bernyanyi nya disaat suasana hati dan mood tertentu. Namun, masih banyak orang yang mengalami kesulitan dalam bermain gitar karena metode yang diberikan kurang dapat dimengerti. Dengan pengalaman dan hasil penelusuran, ada suatu metode yang praktis dalam bermain kunci gitar.

Gitar dapat dipelajari dalam 2 cara sekaligus yang pertama adalah dengan notasi balok dan notasi angka dan dapat memainkan langsung untuk mengiringi lagu-lagu tersebut. Jadi, para sobat tidak akan kesulitan apabila menemui lagu-lagu yang ditulis dalam notasi.

Sedangkan Chord Gitar/Kunci gitar adalah cara untuk belajar bermain gitar dan mengenal macam-macam kunci gitar. Jadi, apabila Anda ingin belajar kunci gitar, harus hapal kord-kord dasar yang ada, mulai dari A hingga Cm (C minor)
 
Notasi balok merupakan simbol musik yang khusus untuk Melody dan cara bermainnya sering juga disebut Fingerstyle guitar, artinya bahwa simbol tersebut telah tertentu. Dan notasi tersebut dituliskan pada lima garis, garis tersebut dinamakan sangkar nada, selain kelima sangkar tersebut untuk menuliskan nada atau notasi dapat juga digunakan garis bantu, garis bantu ini digunakan untuk memudahkan menuliskan nada.

Nada-nada yang ditulis pada sangkar dan garis bantu memiliki nada tinggi rendahnya nada tertentu. Jadi, nama-nama notasi balok terdiri dari 7 nada, yaitu a, b, c, d, e, f, g. Notasi angka di dalam kunci gitar dalam musik biasanya untuk memudahkan cara mempelajari teori di dalam kunci gitar tersebut.

Secara umum, notasi angka dikenal terlebih dahulu pada notasi balok. Notasi balok lebih lebih tepat digunakan di dalam teori bermain musik karena untuk mengembangkannya lebih mudah dan praktis untuk di pelajari. Pada umumnya, para ahli musik menggunakan notasi balok dalam belajar kunci gitar.


Notasi angka memiliki simbol yang terdiri dari 7 angka dan 7 nama seperti di bawah ini:


  • Simbol angka 1 namanya Do
  • Simbol angka 2 namanya Re
  • Simbol angka 3 namanya Mi
  • Simbol angka 4 namanya Fa
  • Simbol angka 5 namanya Sol
  • Simbol angka 6 namanya La
  • Simbol angka 7 namanya Si

Untuk nada rendah dan tinggi di dalam kunci gitar dilambangkan oleh jumlah titik pada nada angka tersebut. Nada pokok untuk kunci gitar yang rendah adalah E di dalam notasi not balok atau disebut juga Mi dalam notasi angkanya.

Dalam tanda kunci gitar setiap penulisan nada harus dimulai dengan tanda kunci dan tanda kunci untuk kunci gitar yaitu tanda kunci G. Dalam notasi balok, kunci dinyatakan khromatis yang diletakan pada tanda kunci dan tanda khromatis akan berubah tinggi rendahnya nada tersebut.
Tanda Khromatis disebut tanda perubahan yaitu:

    Kruis
    Mol
    Natural

Fungsi ketiga tanda khromatis tersebut adalah sebagai berikut:

    Tanda Kruis untuk nada ½ lebih tinggi
    Tanda mol untuk nada ½ lebih rendah
    Tanda natural untuk mengembalikan nada kruis dan mol ke nada asal.

Nada kunci gitar yang mendapat khromatis akan berubah nama, untuk mendapat tanda kruis di tambah kata is seperti pada nada:

    C – Cis

    D – Dis

    E – Eis

Untuk nada yang mendapatkan tanda mol sitambah dengan es seperti pada nada:

    C – Ces

    D – Des

    E – Es

Penulisan kunci gitar ini cukup disebutkan dengan Do = C yang letaknya pada sebelah kiri atas pada lagunya.

Mungkin ada sebagian orang menganggap membaca not balok itu sulit, tapi setelah kita mengenal tentu saja itu tidak sulit, sama halnya kita belajar membaca huruf abjad pada saat kita berumur 5 atau 6 tahun, kita mengenal dulu bentuk huruf A, B, dan C baru setelah itu kita mengeja tiap tiap tulisan yg kita temui, semakin sering kita belajar mengeja semakin cepat kita bisa membaca,,hal itu bisa kita terapkan pada belajar membaca not balok,,
Oke tanpa panjang lebar saya mau menerangkan bagaimana cara membaca not balok
  • Simbol angka 1 namanya Do
  • Simbol angka 2 namanya Re
  • Simbol angka 3 namanya Mi
  • Simbol angka 4 namanya Fa
  • Simbol angka 5 namanya Sol
  • Simbol angka 6 namanya La
  • Simbol angka 7 namanya Si
  • Simbol angka 8 namanya Do Tinggi

Di karenakan Nada di Atas Do diMainkan dari freet 3 senar 6 ... berarti nanti tertulis di Not Balok yaitu

G=DO / DO=G

Dan jika awal nada dari C, Berarti C=DO ... Dan seterusnya, Nada do re mi di atas juga sangat baik untuk Senam Jari yang Berfungsi untuk melatih Jari-jari Anda

Tentunya anda familiar dengan Artis-Artis/Penyanyi di TV Yang suka bilang Main  di A, Main di C Dst ... Awal Chord adalah awal nada dan sangat berpengaruh ke nada-nada berikutnya,

Demikianlah pelajaran membaca TAB Gitar untuk pemula pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua,

1 komentar:

  1. The Casinos with the Best Slot Machines in San Diego
    Slots are not just for 김포 출장마사지 entertainment, but for fun. 안성 출장안마 Slots, video 동해 출장마사지 poker, scratch cards 충청북도 출장마사지 and other games like roulette, blackjack, and 시흥 출장안마 video

    BalasHapus